NIAT
Hukum niat
Hukum niat
adalah wajib berasal dari hadist "innamal 'amalu bin niyyati"
(sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung dari niatnya), yg diriwayatkan
oleh Imam Bukhari sebagai dasar pengerjaan suatu amal. Dan semua ulama sepakat
bahwa niat sebelum melakukan amal perbuatan ibadah adalah wajib.
Tetapi yg dipermasalahkan adalah
apakah MELAFADZKAN NIAT atau BACAAN NIAT itu disyari'atkan oleh Rasulullah
Shalallahu 'alaihi wa sallam, serta diikuti oleh para sahabat dan ulama salaf ???
Lafadz niat sangat masyhur dinisbatkan
kepada mazhab Syafi'i, hal ini karena Abu Abdillah Al Zubairi yang masih termasuk
dalam ulama mazhab Syafi'I telah menyangka bahwa Imam Asy Syafi'i rahimahullah
telah mewajibkan untuk melafazkan niat ketika shalat. Sebabnya adalah pemahamannya yang keliru dalam
mengiterpretasikan perkataan Imam Syafi'i yakni redaksi sebagai berikut: " Jika seseorang berniat menunaikan
ibadah haji atau umrah dianggap cukup sekalipun tidak dilafazkan.Tidak
seperti shalat, tidak dianggap sah kecuali dengan AL NUTHQ (diartikan oleh Al
Zubairi dengan melafazkan, sedangkan yang dimaksud dengan AL NUTHQ disini
adalah takbir) [al Majmuu' II/43].
An Nawawi (seorang ulama pembesar mazhab Syafi'i)
berkata:"Beberapa rekan kami berkata:"Orang yang mengatakan hal itu telah keliru.Bukan itu yang dikehendaki
oleh As Syafi'I dengan kata AL NUTHQ di dalam shalat,melainkan yang dimaksud
dengan AL NUTHQ oleh beliau adalah takbir.
[al Majmuu' II/43; lihat juga al Ta'aalaim :syaikh Bakar Abu Zaid:100]
Ibn Abi Izz Al Hanafi berkata :"Tidak ada seorang ulamapun dari imam 4 (mazhab), tidak juga Imam
Syafi'i atau yang lainnya yang mensyaratkan lafaz niat.Menurut kesepakatan
mereka, niat itu tempatnya dihati”.Hanya saja sebagian ulama belakangan
mewajibkan seseorang melafazkan niatnya dalam shalat.Dan pendapat ini
dinisbatkan sebagai mazhab Syafi'i.Imam An Nawawi rahimahullahu berkata :"Itu tidak benar" (Al Itbaa'
:62)
Ibn Qoyyim berkata :"Rasulullah
Shalallahu alaihi wa sallam jika hendak mengerjakan shalat,maka dia mengucapkan
Allahu Akbar.dan beliau tidak mengucapkan lafaz apapun sebelum itu dan tidak
pernah melafazkan niat sama sekali. Beliau juga tidak mengucapkan :
Ushali lillah shalaata kadzaa mustaqbilal qiblah arba'a
raka'at imaaman aw ma'muuman (artinya :aku berniat mengerjakan shalat ini dan
itu karena Allah,menghadap kiblat sebanyak 4 raka'at sebagai imam atau makmum).
Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam tidak pernah
mengatakan adaa'aa atau qadhaa'an (artinya melakukannya secara tepat waktu atau
qadha').Dan tidak pernah juga menyebutkan kefardhuan waktu shalat.
Semua itu adalah bid'ah
yang tidak ada sumbernya dari seorangpun baik dengan sanad yang
sahih,dhaif,musnad (bersambung sanadnya), ataupun mursal (ada perawi yang gugur
dalam sanadnya).Bahkan tidak juga dinukil dari seorang sahabat nabi, para
tabi'in dan imam 4 (mazhab).
Pendapat ini muncul akibat sebagian ulama
belakangan yang terkecoh dengan perkataan Imam Syafi'I radhiallahu anhu didalam
masalah shalat.Redaksinya sebagai berikut:
"Sesungguhnya shalat tidak sama dengan puasa.Tidak ada seorangpun
yang akan memasuki shalat kecuali dengan DZIKIR."Kata dzikir disini dikira pe-lafaz-an niat oleh orang yang
shalat.Padahal yang dimaksud oleh Imam Syafi'i dengan kata dzikir disini adalah
TAKBIRATUL IHRAM.Bagaimana mungkin
Imam Syafi'I mensunahkan sesuatu yang tidak pernah dikerjakan oleh Nabi
Shalallahu alaihi wa sallam,tidak juga oleh para khulafa'nya, dan para
shahabatnya.Demikianlah jalan hidup dan petunjuk yang mereka ajarkan,jika
memang ada seseorang membawa berita satu huruf saja yang berasal dari
beliau,maka kita akan menerimanya karena tidak ada petunjuk yang lebih sempurna
dari petunjuk mereka dan tidak ada sunnah kecuali yang diambil dari Rasulullah
Shalallahu alaihi wa sallam [Zaadul Ma'aad I/201;Ighatsatul Lahfaan
I/136-139;I'laamul Muwaqqi'iin II/371;Tuhfatul Maulud :93]
Syaikh Abul Hasan Musthafa bin
Ismail Sulaiman al-Mishri [2] berkata :
"Perbuatan seperti
ini tidak benar.
Tidak ada dalil dari Qur'an dan Sunnah, tidak pula dari ijma' dan qiyas jali
(qiyas yang jelas dan benar) untuk perbuatan tersebut sebab tempat niat adalah
di dalam hati. Adapun anjuran Rasululloh Shalallahu 'alaihi wa sallam untuk
menghadirkan niat di dalam segala amalan, yaitu hadist beliau Shalallahu
'alaihi wa sallam:
"Sesungguhnya
seluruh amal shaleh hanya diterima dengan niat yang ikhlas dan bagi setiap
orang mendapatkan sesuai yang ia niatkan."
Maksudnya bukan melafalkan niat dengan lisan kita, baik
dengan melirihkan ataupun mengeraskannya. Tidak ada satu riwayat pun yang
dinukil dari beliau bahwa beliau Shalallahu 'alaihi wa sallam melafalkan niat
ketika hendak shalat dan berpuasa. Tidak pernah beliau mengucapkan : "Sengaja aku berpuasa di bulan
ramadhan pada tahun ini secara sempurna tanpa kekurangan." dan mengulang-ngulanginya
setiap malam ketika bersahur atau setelah shalat tarawih. Demikian pula dalam
ibadah zakat dan lainnya.Untuk lebih jelasnya, baiklah kita coba simak uraian
pendapat para ulama salaf, sebagai orang-orang yg mengerti dan paham tentang
sunnah dan perkataan Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam serta mereka adalah para
mufassirin (penafsir) makna ayat qur'an maupun hadist, mengenai LAFADZ NIAT (makna lafadz niat ini
secara umum meliputi niat sholat, puasa, zakat, haji, dan ibadah lainnya).
Referensi:
1.Secara ringkas dari Qaulul Mubin Fi Akhtahil
Mushollin :Syaikh Abu Ubaidah Masyhur bin Hasan bin Mahmud
bin Salman:
edisi indonesia :Koreksi Total Ritual Shalat ,terbitan Pustaka Azzam 98-101
2."Silsilah Al-Fatawa Asy-Syar'iyah" (edisi
Indonesia) Bunga Rampai Fatwa- Fatwa Syar'iyah oleh Syaikh Abul
Hasan
Musthafa bin Ismail As-Sulaiman Al- Mishri, terbitan Pustaka At-Tibyan,
Penerjemah Abu Ihsan
0 komentar:
Posting Komentar